Raniditin itu obat apa ya

  Ranitidin adalah obat yang digunakan untuk mengobati kondisi yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, seperti tukak lam...

 Ranitidin adalah obat yang digunakan untuk mengobati kondisi yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan, seperti tukak lambung, refluks asam lambung, dan sindrom Zollinger-Ellison. Obat ini bekerja dengan menghambat produksi asam lambung di dalam tubuh.

Ranitidin termasuk dalam golongan obat yang disebut antagonis reseptor H2. Obat ini bekerja dengan menghambat aksi histamin pada reseptor H2 di sel-sel yang memproduksi asam lambung. Dengan menghambat aksi histamin, ranitidin dapat mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan.

Ranitidin tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup. Obat ini biasanya diminum dua kali sehari, dengan atau tanpa makanan. Dosis ranitidin yang direkomendasikan tergantung pada kondisi medis pasien dan respons tubuh terhadap obat.

Meskipun ranitidin dianggap sebagai obat yang relatif aman, ada beberapa efek samping yang dapat terjadi. Efek samping yang umum terjadi antara lain sakit kepala, pusing, diare, sembelit, dan mual. Beberapa efek samping yang lebih serius, meskipun jarang terjadi, termasuk reaksi alergi, penurunan jumlah sel darah putih, dan gangguan hati.


Pada tahun 2020, ranitidin ditarik dari pasar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) karena ditemukan adanya kontaminan yang berpotensi menyebabkan kanker pada beberapa produk ranitidin. Kontaminan tersebut disebut N-nitrosodimethylamine (NDMA), yang dapat terbentuk dalam jumlah kecil selama penyimpanan obat dalam kondisi tertentu.

Jika Anda menggunakan ranitidin dan mengalami efek samping yang serius, segera hubungi dokter Anda. Jangan menghentikan penggunaan obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sebelum menggunakan ranitidin, penting untuk memberi tahu dokter tentang riwayat medis Anda, termasuk riwayat alergi, riwayat penyakit hati atau ginjal, dan riwayat penggunaan obat-obatan lain. Beberapa obat dapat berinteraksi dengan ranitidin, sehingga penting untuk memberi tahu dokter tentang semua obat yang sedang Anda gunakan.

Dalam kesimpulannya, ranitidin adalah obat yang digunakan untuk mengobati kondisi yang disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Obat ini bekerja dengan menghambat produksi asam lambung di dalam tubuh. Meskipun dianggap sebagai obat yang relatif aman, ada beberapa efek samping yang dapat terjadi. Ranitidin juga telah ditarik dari pasar karena adanya kontaminan yang berpotensi menyebabkan kanker pada beberapa produk ranitidin. Jika Anda menggunakan ranitidin dan mengalami efek samping yang serius, segera hubungi dokter Anda.


Nama

Berita,5,Bisnis Online,2,Ekonomi,6,Info,7,Kesehatan,21,Konten Kreator,4,Motivasi,2,Olahraga,1,Terbaru,31,Tips,9,
ltr
item
Infonesia News: Raniditin itu obat apa ya
Raniditin itu obat apa ya
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/86/Ranitidine.JPG/800px-Ranitidine.JPG
Infonesia News
https://www.infonesianews.com/2023/06/raniditin-itu-obat-apa-ya.html
https://www.infonesianews.com/
https://www.infonesianews.com/
https://www.infonesianews.com/2023/06/raniditin-itu-obat-apa-ya.html
true
5789768320952763968
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy